Berkenalan Dengan Air Bersih

Semua orang tahu bahwa air yang baik adalah air yang bersih. Dikatakan bersih berarti air tersebut memenuhi syarat untuk dikonsumsi baik untuk konsumsi minum dan memasak, maupun untuk penggunaan kebersihan atau sanitasi seperti MCK dll. Semua syarat dikatakan layak dikonsumsi dapat dilihat dalam peraturan pemerintah maupun standar dari WHO.

Agar mudah dipahami kita berpikir sebagai orang awam saja karena air adalah hak semua orang termasuk orang awam juga.

Secara umum karakter air aman dikonsumsi meliputi:

1. Bebas bahan kimia berbahaya

2. Bebas Radioaktif

3. Bebas mikroorganisme

4. Secara estetika dapat diterima

Bebas bahan kimia berarti berat logam berat seperti arsenik, merkuri, peptisida, dll adalah bahan kimia yang mutlak tidak boleh terdapat pada air. Biasanya bahan kimia ini disebabkan oleh pencemaran akibat aktivitas industri, pertambangan, bahkan pertanian. Hati-hati bila menggunakan sumber air dari kawasan disebutkan tadi.

Radioaktif biasanya terjadi jika sumber berada dekat aktivitas yang menggunakan nuklir.

Mikroorganisme yang paling dilarang dalam air yang aman dikonsumsi adalah e. coli. Biasanya pengujian e. coli dalam bentuk koloninya yaitu coliform yang tidak boleh terdeteksi dalam 100 ml air sampel.

Bau, rasa, dan warna adalah estetika yang harus diterima. Air keruh karena ditambahkan kopi atau teh dapat dikatakan aman untuk dikonsumsi seperti halnya penambahan gula. Sebagai kesepakatan, pembahasan kualitas air secara estetika berarti tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna.

Air untuk keperluan metabolisme tubuh membutuhkan bahan kimia berupa ion-ion yang diperlukan tubuh atau yang dinamakan mineral. Kadar yang ada harus diuji agar tidak melebihi ambang batas yang disyaratkan.

Langkah pertama untuk mendapatkan air bersih adalah dengan mengenali apa itu air bersih.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian 10: Menentukan Kebutuhan Klorin

Bagian 06: Perhitungan Penetapan Kebutuhan Alumunium Sulfat

Pengertian Instalasi Pengolahan Air