Cara Sederhana Mendapatkan Air Bersih

Adalah dengan mencari sumber air yang baik. Mudah saja menilai sumber itu layak atau tidak, yaitu dengan melihat pengguna sumber itu sebelumnya. Jika banyak pengguna dan tidak ada riwayat bermasalah akibat penggunaan air itu, ya bisa dipastikan sumber itu aman.

Lebih mudahnya, saya berikan tips menilai kondisi sumber air tersebut layak atau tidak untuk dikonsumsi:


1. Jenis Sumber Air
Sumber air dibedakan antara sumber tertutup atau terbuka. Sumber tertutup seperti sumur bor atau mata air yang ditutup setidaknya memberikan kemungkinan kontaminasi lebih kecil walaupun tidak 100% kualitas baik, tapi jika tertutup akan lebih aman dari sumber air terbuka seperti sungai atau danau.


2. Penilaian kasat mata
Jernih, tidak berasa, tidak berwarna, dan tidak berbau adalah parameter estetika yang memberikan kenyamanan bagi kita menggunakan air.

3.  Lokasi sumber air
Waspadai jika sumber air, walaupun tertutup, jika berada di pemukiman yang rapat, jika berada di lingkungan industri seperti textile. Waspadai jika dilingkungan pertanian apalagi jika sumber itu adalah sumber terbuka. Kemungkinan kontaminasi limbah industri berupa logam berat dan pestisida sangat besar.


4. Riwayat Penggunaan Sumber Air

Jika tidak ada riwayat masalah terhadap penggunaan sumber air tersebut menandakan setidaknya kita aman menggunakannya.


5. Cara pengguna menggunakan sumber air
Riwayat saja tidak cukup. Pengamatan perilaku pengguna terhadap sumber air dapat disimpulkan sejauh mana keamanan sumber tersebut. Lingkungan yang kotor akibat pengguna dapat merusak keamanan sumber.

Metode penjernihan air berawal dari seperti apa sumber airnya dan cara yang paling mudah adalah membiarkan sumber air tetap aman dari kontaminasi. Alam punya memberikan kemudahan untuk kita, maka bersikap bijaklah pada alam

Comments

Popular posts from this blog

Bagian 10: Menentukan Kebutuhan Klorin

Bagian 06: Perhitungan Penetapan Kebutuhan Alumunium Sulfat

Pengertian Instalasi Pengolahan Air