Air dan Sanitasi - Satu Dunia

Air dan sanitasi adalah dua kata yang saling berkaitan. Keterbatasan terhadap akses air bersih akan melahirkan situasi sanitasi yang buruk dan sanitasi yang buruk merusak akses terhadap air bersih. Catatan ini merupakan refleksi penulis terhadap dunia yang 6 tahun digeluti dan pada akhirnya episentrum kehidupan selama itu harus ditinggalkan. Pusat Air dan Sanitasi Darurat boleh jadi ditinggalkan tapi apa yang didapat dari sana adalah amanah yang harus disampaikan.

Keberadaan sumber air bersih sepertinya semakin sulit didapat. Tanpa data memang kurang rasanya mengatakan demikian, hanya saja membandingkan ketika saya kecil dulu, sumur-sumur masih jernih dan tak pernah mengering di musim kering, sungai-sungai bersih walau banyak yang mencuci bahkan mandi di sana. Sekarang, untuk mendapatkan air bersih dari sumur sendiri, saya harus menyaringnya. Dulu adalah tahun 90-an sekarang sudah tahun 2013, air bersih ko susah didapat ya?

Tsunami NAD, saya bergabung dengan tim yang menyediakan air bersih untuk orang-orang di sana. Peralatan besar-besar menjadikan air yang keruh bahkan hitam menjadi bersih tidak berwarna. Mungkin saja di sumber air masih terdapat mayat korban tsunami tapi air bersihnya tak pernah dilaporkan mennyebabkan penyakit. Itulah tim air dan sanitasi yang bekerja saat darurat bencana. Mereka yang selamat dari bencana belum tentu selamat dari akibat lingkungan yang buruk. Berkumpulnya sejumlah orang pada satu lapangan untuk tinggal secara tiba-tiba tanpa infrastruktur memadai akan melahirkan situasi yang bisa membunuh.

Kemudian saya bertanya pada tim itu, mengapa mereka mereka bekerja menyediakan air bersih dan mengelola sanitasi sekaligus? dan jawabannya adalah karena keterbatasan akses air bersih melahirkan sanitasi yang buruk dan sanitasi yang buruk merusak akses terhadap air bersih. Hmm.. mungkin inilah alasan mengapa Palang Merah menjadikan air dan sanitasi menjadi satu dunia.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian 10: Menentukan Kebutuhan Klorin

Bagian 06: Perhitungan Penetapan Kebutuhan Alumunium Sulfat

Pengertian Instalasi Pengolahan Air